Keputusan yang tepat ketika memilih perusahaan jasa SEO Bali berikutnya dapat berdampak besar pada keuangan dan bisnis Anda. Perbedaan antara peningkatan lalu lintas organik dan penurunan peringkat Google terletak pada pilihan antara spesialis SEO, atau pengoptimalan mesin telusur, yang berkualitas dan yang tidak berkualitas. Namun, perusahaan di sektor apa pun dapat meningkatkan penjualan dan menghemat anggaran iklan dengan kemitraan SEO yang tepat. Mereka juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Sebelum menandatangani kontrak dengan perusahaan SEO baru, setiap pengusaha harus mempertimbangkan lima saran berikut.
1. SEO Bukan Magic
Mengoptimalkan situs web Anda untuk mendapatkan lalu lintas organik adalah proses yang sulit dan sering disalah artikan sebagai SEO. Mereka yang mengklaim memiliki pengetahuan khusus tentang algoritma Google atau tentang rahasia SEO biasanya salah. Sebaliknya, SEO yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang cara mesin pencari bekerja, perhatian pada detail, dan penyesuaian terus-menerus karena algoritma Google berubah hampir setiap minggu.
Selain itu, mesin telusur dapat mengindeks situs web Anda karena tindakan pintas seperti penyelubungan, memasukkan kata kunci, dan membeli tautan. Karena melanggar peraturan mesin pencari, teknik ini dikenal sebagai Black Hat SEO. Bot Google akan menurunkan peringkat situs Anda, mengurangi lalu lintas organik, setelah mereka mengetahui bahwa Anda menggunakan alat ini. Professional SEO yang mengklaim memiliki pengetahuan khusus mungkin menggunakan teknik Black Hat SEO, yang pada akhirnya akan menghasilkan biaya yang mahal.
2. Tentukan tujuan spesifik Anda dan temukan perusahaan yang dapat membantu Anda mencapainya.
Tidak peduli apa yang Anda lakukan, jangan menyewa Jasa SEO dengan tujuan yang tidak jelas, yaitu “meningkatkan lalu lintas organik”. Pertama dan terpenting, lebih banyak lalu lintas organik tidak selalu berarti lebih banyak pendapatan. Sebagai ilustrasi, sepatu pria Italia dengan peringkat Google terbaik tidak akan menguntungkan bisnis CBD Anda.
Untuk menghindari keraguan, Anda dan rekan kerja Anda harus menjelaskan dengan jelas tujuan mesin telusur Anda. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan produk Anda dengan meningkatkan peringkat kata kunci? Apakah Anda mengalami kesulitan untuk meningkatkan konversi atau mengurangi pentalan situs web? Apakah Anda lebih suka audiens yang lebih besar atau yang lebih kecil yang biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda jika Anda ingin meningkatkan pendapatan dari iklan Anda? Apakah Anda membutuhkan layanan seperti pengembangan pengikut media sosial, sponsor konten, atau layanan lain yang tidak terkait dengan SEO?
Apa pun perusahaan SEO yang Anda pilih, pastikan Anda tahu apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda cari.
3. Jangan hanya mencari daftar “SEO terbaik” di Google; sebaliknya, dengarkan orang lain tentang hal itu.
Mengapa Anda tidak memilih perusahaan SEO berdasarkan posisinya di mesin pencari? Pakar SEO terbaik terlalu sibuk mengoptimalkan situs web klien mereka sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk menghabiskan di situs web mereka sendiri.
Perusahaan terbaik biasanya memiliki banyak klien jangka panjang yang telah merekomendasikan layanan yang sama kepada rekan kerja mereka. Sebagai contoh, hanya perusahaan yang membutuhkan klien baru yang akan bersusah payah menentukan peringkat untuk “perusahaan SEO terbaik di Austin”. Ini juga berlaku untuk kata kunci seperti “Layanan SEO terbaik” dan “alat SEO terbaik”.
Selain itu, jangan asumsi bahwa listicle mana pun tidak menguntungkan. Perusahaan yang terdaftar biasanya telah mengeluarkan biaya yang signifikan untuk muncul di daftar. Perusahaan SEO yang baik memiliki begitu banyak bisnis sehingga tidak perlu repot-repot mencari nama di daftar seperti “bestseocompanies.com” atau “topseos.com”. Ini tidak berarti bahwa tidak ada daftar yang baik di luar sana, tetapi Anda harus percaya pada daftar “perusahaan SEO terbaik” seperti Anda percaya pada daftar “restoran terbaik di New York”.
Oleh karena itu, metode tertua untuk menemukan perusahaan SEO yang berkualitas adalah melalui iklan dari mulut ke mulut. Daripada menggunakan Google, tanyakan kepada orang-orang di bidang profesional Anda (tetapi bukan pesaing langsung Anda) siapa yang akan memberi Anda saran. Selain itu, mungkin bermanfaat untuk bertanya kepada perusahaan lain di industri Anda karena layanan yang mereka sarankan sudah memiliki pengalaman dalam bidang Anda.
4. Temukan perusahaan SEO yang memenuhi standar Anda
Setelah Anda menguraikan tujuan Anda dan membatasi pilihan Anda ke beberapa bisnis, inilah saatnya untuk memastikan bahwa Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja memiliki metode yang jelas untuk melacak kemajuan Anda sejak awal. Dengan kata lain, tujuan apa sebenarnya dari pemeringkatan kata kunci tertentu?
Sangat penting bagi Anda dan konsultan Anda untuk memiliki pandangan yang sama tentang Indikator Kinerja Utama, juga dikenal sebagai KPI, yang dapat diterapkan pada hampir semua aspek bisnis. KPI dapat berarti banyak hal berbeda dalam SEO, seperti perusahaan dengan produk baru akan memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan lama dengan pelanggan yang lebih lama.
Namun, KPI lebih dari itu. Dengan kata lain, kami memiliki akses ke begitu banyak data sehingga mudah tersesat atau melacak KPI yang salah. Ini juga berarti Anda memerlukan perusahaan SEO yang tahu metrik mana yang paling penting bagi bisnis Anda dan dapat menyingkat informasi tersebut menjadi sesuatu yang dapat Anda terima. Berikut adalah beberapa indikator kinerja kinerja (KPI) yang paling penting untuk diperhatikan:
Sesi organik: Berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda melalui penelusuran organik? Sering dianggap sebagai KPI paling penting dalam SEO, ini adalah yang paling penting. Anda juga dapat melihat metrik lain seperti rasio pentalan, jumlah rata-rata tampilan halaman, durasi per kunjungan, dan jumlah pengunjung unik.
Tingkat konversi: Berapa persentase orang yang melihat konten Anda terlibat dengannya, membeli produk Anda, atau mendaftar ke buletin Anda?
Peringkat kata kunci: Kata kunci mana yang Anda rangking dan, secara keseluruhan, apakah peringkat kata kunci Anda meningkat sejak Anda menyewa layanan SEO Anda?
Kesalahan perayapan Google: Perayapan Google adalah proses di mana bot Google mengindeks konten situs web Anda secara sistematis. Jika Google mengalami kesulitan untuk membaca konten situs web Anda, Google tidak dapat mengindeksnya sehingga muncul di penelusuran, yang berdampak negatif pada lalu lintas organik.
Waktu buka halaman: Waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman berkorelasi langsung dengan seberapa cepat pengguna meninggalkan situs Anda. Menurut Think with Google, rasio pentalan, atau seberapa cepat pengguna meninggalkan situs Anda, meningkat sebesar 90% ketika waktu pemuatan halaman meningkat dari satu menjadi lima detik.
5. Pilih perusahaan SEO yang komunikatif
Meskipun Anda seharusnya dapat menggunakan alat seperti SEMRush, Google Search Console, dan Google Analytics untuk menilai KPI Anda, Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu untuk menganalisis semua data tersebut. Untuk mencapai hal ini, Anda memerlukan sekelompok spesialis SEO yang membantu Anda berkomunikasi dan menumbuhkan kepercayaan.
Ingatlah bahwa pengoptimalan mesin telusur adalah proses yang memungkinkan Anda bekerja dengan perusahaan ini selama bertahun-tahun yang akan datang. Meskipun Anda hanya akan bekerja dengan perusahaan luar untuk sementara, mencapai tujuan lalu lintas organik situs web Anda membutuhkan waktu, kesabaran, dan kolaborasi yang konstruktif.