Zaman modern ini, sudah semakin banyak orang yang melakukan transaksi jual beli via online. Anda bisa menjual produk Anda di platform online manapun. Kekurangannya, pembeli belum tentu 100% yakin terhadap produk yang ingin dibelinya secara online jika tidak berkomunikasi dulu dengan penjual. Nah, maka dari itu, customer service chat itu penting sekali adanya. Sebagai penjual, penasaran cara chat dengan customer supaya calon pembeli mau beli produk Anda dan jadi pelanggan setia?
Apa Pentingnya Chat dengan Customer?
Jangan diremehkan! Chat dengan customer itu penting, lho. Komunikasi adalah kunci untuk segalanya. Hal ini diterapkan juga dalam bisnis online. Komunikasi yang baik dengan customer Anda akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan online, sebab customer Anda akan merasa diperhatikan ketika Anda merespon chat mereka.
Coba, simak dulu 2 alasan pentingnya chat dengan customer!
1. Customer Pasti Punya Pertanyaan
Biasanya, customer tak akan mudah membeli suatu produk di online karena mereka tak tahu bentuk aslinya seperti apa. Justru itu, Anda sebagai penjual harus membuat customer lebih penasaran sehingga mereka tertarik untuk membeli produk Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan customer online.
Anda tak hanya bicara soal pembelian, tapi juga bisa berguna setelah pembeli membeli produk Anda, jadi bisa follow up produk baru atau memberikan loyalty, alhasil mereka bisa jadi loyal customer, lho.
2. Respon Baik Memengaruhi Keputusan Pembelian
Misalnya, ketika calon pembeli bertanya-tanya soal produk yang Anda jual dan Anda meresponnya dengan baik, maka kemungkinan mereka memutuskan untuk beli produk Anda akan meningkat pula. Hal ini dikarenakan mereka merasa dapat perhatian dan fast response, sehingga mereka lebih percaya terhadap toko online Anda.
Bagaimana Cara Membalas Chat Customer Online Shop yang Benar?
Cara membalas chat dengan baik itu sebenarnya hal yang bisa dilakukan semua penjual. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda tahu, terutama tips-tips membalas yang membuat customer Anda ingin belanja lagi di toko online Anda dan jadi pelanggan setia
Jadi Pihak yang Terakhir Membalas Pesan
Buatlah customer nyaman dengan Anda. Caranya dengan selalu jadi pihak terakhir yang membalas pesan. Hal ini akan mempengaruhi psikologis customer, lho. Jika customer yang jadi pihak terakhir dalam membalas pesan, bisa saja mereka merasa tidak diperhatikan lagi karena chat mereka dibiarkan. Oleh sebab itu, jadilah orang yang membalas pesan customer hingga akhir percakapan supaya customer lebih merasa bahwa Anda akan selalu available.